Senin, 07 Oktober 2013

Tugas TI

Tugas TI

1. Langkah memberi Equation
a. Pastikan Anda sedang bekerja dengan Microsoft Word 2010 dan sedang mengerjakan atau menulis dokumen yang berhubungan dengan statistik atau matematika.

b.Klik Insert, setelah itu akan hadir beberapa ikon yang ada di bawah Insert tersebut. Selanjutnya Anda klik ikon Equation, dan pilihan yang berhubungan dengan Equation tersebut tampil di layar komputer Anda.

c.Kemudian untuk melanjutkan pekerjaan Anda, yaitu menyisipkan rumus statistik atau matematik ke dalam dokumen yanag sedang dikerjakan, misalnya Anda akan menyisipkan rumus Quadratic Formula, maka untuk menyisipkan rumus tersebut caranya adalah dengan menempatkan pointer mouse di lokasi yang akan disisipkan rumus statistik tersebut.

d.Selanjutnya klik ikon Equation, lalu klik tombol dropdown lalu pilih dan klik Quadratic Formula. Setelah itu rumus yang dimaksud secara otomatis akan berada dalam
dokumen yang sedang Anda tangani.

e.Pilihan menu yang berhubungan dengan Equation ini akan tampil apabila Anda sudah menempatkan rumus di dalam dokumen Anda. Kemudian untuk menampilkan menu-menu yang berhubungan dengan Equation tersebut klik salah satu rumus yang sudah berada di dalam dokumen atau artikel Anda, diatas layar Microsoft Word 2010 klik menu Equation Tools.

2.Langkah memberi header and footer
a. Klik menu ribbon "Insert"
b. Kemudian klik "Header"
c. Pilih Header yang diinginkan
d.Ketik informasi yang diinginkan
e. Kemudian "Close Header".

Hal serupa juga dapat digunakan untuk membuat footer:
a. Klik menu ribbon "Insert"
b. Kemudian klik "Header"
c. Pilih Header yang diinginkan
d.Ketik informasi yang diinginkan
e. Kemudian "Close Header".

3. Langkah memberi watermark
a. Pilih Page Layout - Watermark
b. Selanjutnya pilih Custom Watermark
c. Di kotak dialog Printed Watermark, Pilih option Picture Watermark , klik tombol Select Picture
d. Pilih salahsatu gambar di komputer yang akan dijadikan background halaman dokumen word
e. Di kotak dialog Printed Watermark, atur scale sesuai yang diiginkan.


4. Langkah memberi footnote
a. Pertama tulis apa yang anda inginkan.
b. Letakkan kursor dimana footnote akan ditempatkan
c. Lihat halaman ms word anda pada bagian deretan atas, cari deretan tulisan "Home, Insert, Page layout, References
d. Pilih "references"
e. Pilih Insert footnote (bila ingin membuat lebih dari satu footnote, tinggal ulangi langkah 4 dst nya).

5. Langkah memberi kolom koran dan drop cop
+. kolom koran
a. Mengetik Paragraf terlebih dahulu
  • Ketik naskah, kemudian paragraf yang akan dibuat kolom koran
  • Klik menu Format - Columns
  • Pilih tampilan kolom koran pada options presets (jika menginginkan jumlah kolom tertentu, isikan jumlah kolom pada kotak number of columns)
  • Beri tanda Centang pada line between jika ingin menampilkan garis pembatas diantara kolom.
  • Klik Ok.
Catatan :
Untuk paragraf terakhir blog paragrafnya harus pas, jika dengan cara blok tidak dapat dilakukan, kita dapat menggun
akan cara penguncian, caranya :
  • Letakan kursor pada baris pertama paragraf yang akan dibuat kolom koran
  • Klik menu Insert - Break - Continuous
  • Letakan kursor pada paris terakhir
  • Klik menu Insert - Break - Continous
  • Letakan kursor di tengah paragraf
  • Klik menu format - Columns
  • lakuakn seting kolom koran yang anda inginkan.
b. Memformat terlebih dahulu
  • Letakan kursor pada area yang akan kita ketik
  • klik menu format - Columns
  • Atur format kolom seperti langkah 1.
  • pada kotak Apply to, pilih this point forwar - Ok.
Catatan
Untuk dapat berpidah ke kolom berikutnya : klik menu insert - Column Break - Ok.
Untukmembuat type kolom yang berbedaklik kembali menu format - Columns dan lakukan lagi penyetingan seperti langkah 2.


+. Drop Cap
a. Blok teks - Klik menu Format - Drop cap
b. Pilih tampilan Drop Cap pada Posision
c. Atur Ukuran Drop Cap pada kotak Line to Drop
d. Atur jarak Drop Cap dengan teks berikutnya pada kotak Distance from text
e. Klik Ok.

6. Langkah membuat Tabel
a. Buka dulu program microsoft word pada komputer kamu.
b. Kemudian klik Menu Table – insert – Table
c. Pilih jumlah kolom
d. Klik ok.

7. Langkah memberi Bullet and Numbering
+. Bullet
a. Blok teks yang akan diberi bullet
b. Pilih ribbon home dan pilih bullet pada group paragraph
c. Pilih bullet yang diinginkan(klik)
d. Secara otomatis bullet akan muncul.
+. Numbering

a. Blok teks yang akan diberi numbering
b. Pilih ribbon home dan pilih numbering pada group paragraph
c. Secara otomatis numbering akan muncul.

8. Langkah memberi daftar isi
a.  Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi (biasanya di awal dokumen).
b. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, pilih gaya daftar isi yang diinginkan.
c. Format tampilan daftar isi. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contentsdan kemudian klik Insert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut:
  • Tab leader, untuk membuat tab leader antara teks dan nomor halaman, antara lain: garis putus-putus, titik-titik atau tidak menggunakan tab leader.
  • Formats, untuk memilih format tampilan daftar isi, seperti: template dokumen (sesuai dengan format yang kita buat), atau format lain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word seperti Classic, Fancy dan sebagainya.
  • Show levels, ganti angka pada kotak di sampingnya untuk menambah/mengurangi level heading yang akan ditampilkan dalam daftar isi.
9. Langkah membuat makalah
a. Buka terlebih dahulu program MS. Word
b. Klik menu "Insert".
c. Klik "Cover Page" lalu pilih desain cover yang disuka.
d. Isi kata-kata yang ada didesin sampul tersebut.
e. Jika telah selesai save desain sampul ini lalu buat isi makalahnya di file terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar